LOWONGANKERJA15.COM - Lowongan CPNS Kemenkeu, Begini Teknik Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan melaluiataubersamaini Benar. Pada penerimaan CPNS Periode dua, Kementerian keuangan ialah salah satu kementerian yang membuka perekrutan untuk calon aparatur sipil negara. Pemerintah pada ketika ini membutuhkan calon ASN sebanyak 2880 untuk gugusan di kementerian keuangan republik indonesia dengan sebanyak 87 Jabatan yang nantinya ditempatkan di seluruh unit kerja kementerian keuangan pada unit eselon I. Dan kementerian keuangan ialah kementerian yang paling banyak membutuhkan gugusan diantara instansi lainnya dalam penerimaan CPNS Periode dua ini. Pasalnya Informasi terkena lowongan penerimaan CPNS kementerian keuangan dimulai tanggal 5 s.d. 19 September 2017. Sedangkan waktu Pendaftaran sudah dilaksanakan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ pada tanggal 11 September 2017 s.d. tanggal 25 September 2017 dengan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga
Pada ketika melaksanakan registrasi secara Online CPNS Kemenkeu, Masih banyak pelamar yang galau dan belum memahami cara sempurna dan benar dalam mendaftar CPNS Kementerian Keuangan. Terbukti tingginya keingintahuan para peserta melalui alamat email admin yang melontarkan sebuah pertanyaan terkena bagaimana cara mendaftar CPNS di instansi kementerian keuangan. Perlu anda ketahui bahwa dalam melaksanakan kesalahan kecil ataupun memasukkan berkas yang salah, bisa berakibat fatal dan bisa anda dianggap gugur dalam seleksi pertama. Untuk itu, Bersamaan dengan instansi lainnya juga, engkau harus lebih teliti dan berhati hatilah dalam memasukkan data yang benar. Untuk itu kami akan diberikan ulasan secara lengkap bagaimana Teknik Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan melaluiataubersamaini Benar serta seputar permasalahan yang sering terjadi dalam mendaftar dan solusinya
Berikut ini Teknik Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan melaluiataubersamaini Benar yang sudah kami rangkum, sebagai diberikut
I. Tata Teknik Pendaftaran CPNS Kementerian Keuangan
- Daftar di Web Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN BKN), Daftarkan diri anda melalui website Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN BKN) untuk mendapat Username dan Password
- Login memakai Username dan Password yang didaftarkan melalui Website Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN BKN)
- Isi Form, Lengkapi Formulir Pendaftaran yang ada dengan gosip yang lengkap dan benar
- Unggah dokumen - dokumen yang diminta. Ukuran File Max. 300KB dan jenis File PDF.
- Kunci data Anda Apabila Data Anda sudah benar. Sesudah kunci data, Isian tidak sanggup diubah
- Cetak Bukti registrasi yang akan dibawa pada ketika verifikasi
II. Hal Hal Perlu Diperhatikan dalam Mendaftar CPNS Kemenkeu
- Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman sscnbkn.go.id mulai tanggal 11 September 2017 hingga dengan 25 September 2017 dengan memakai nomor induk kepegawaian (NIK) pada kartu tanda penduduk (KTP) /NIK pada kartu keluarga (KK) dan nomor KK / NIK Kepala keluarga
- Sesudah memperoleh notifikasi untuk melaksanakan aktivasi melalui email dari portal nasional, pelamar harus segera melaksanakan aktivasi dan melaksanakan registrasi online di website rekrutmen.kemenkeu.go.id minimal 24 jam Sesudah aktivasi dilakukan pada periode 11 September 2017 hingga dengan 25 September 2017
- Pada ketika registrasi secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk registrasi online serta menggunggah atau upload soft file berkas berjenis PDF file, dengan ukuran masing-masing terbaik 300 kb sebagai diberikut
- Soft File hasil scan ijazah
- Soft File hasil scan transkrip nilai
- Soft File hasil scan ijazah SD, SMP, SMA, atau surat akte kelahiran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung dan surat keterangan hubungan keluarga dari Kelurahan atau kepala desa khusus untuk pelamar putra putri Papua dan Papua Barat
- Pada ketika pengambilan tanda peserta ujian atau TPU, peserta wajib membawa
- Asli ijazah
- Asli transkip nilai
- Asli ijazah SD, Sekolah Menengah Pertama ataupun SMA, orisinil surat keterangan keturunan Papua dari Kelurahan khusus untuk pelamar putra-putri Papua dan Papua Barat
- Dalam hal peserta tidak membawa salah satu berkas tersebut di atas maka peserta tidak berhak untuk mendapat tanda peserta ujian (TPU)
- Pelamar yang sudah melaksanakan registrasi secara online biar mengunduh atau mendownload dan mencetak tanda bukti registrasi pada laman rekrutmen.kemenkeu.go.id
III. Tahapan Seleksi Ujian CPNS Kemenkeu
Setiap peserta yang mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan, akan melalui tahapan/seleksi yang terdiri dari:
- Seleksi Administrasi, Seleksi menurut pada verifikasi dokumen yang diunggah (upload) dengan persyaratan pendaftaran
- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer
- Psikotes Online, Tes untuk mengetahui huruf individu masing-masing peserta
- Tes Kesehatan dan Kebugaran, Tes berupa olah raga dan investigasi kondisi kesehatan
- Wawancara, Diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana, berupa tanya tanggapan untuk mengetahui maksud dan harapan peserta
- Pemberkasan, Proses pengumpulan berkas-berkas persyaratan pengangkatan CPNS
IV. Kendala dan Solusi dalam Mendaftar CPNS Kementerian Kemenkeu
Berikut beberapa pertanyaan yang biasanya mucul beserta jawabanan dalam Seputar Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan 2017
Berikut yaitu sebagian kompilasi tanya tanggapan yang sering diajukan atau ialah Frequently Asked and Question (F.A.Q) yang berhasil dihimpun:
Kapan registrasi CPNS akan dimulai?
Jawaban:
Informasi terkena lowongan penerimaan CPNS dimulai tanggal 5 s.d. 19 September 2017. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ mulai tanggal 11 September 2017 s.d. tanggal 25 September 2017 dengan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga
Untuk tahun ini, berapa jumlah gugusan yang di butuhkan?
Jawaban:
Saat ini Kementerian Keuangan membutuhkan gugusan CPNS untuk memenuhi kebutuhan SDM bagi Kementerian Keuangan, dimana jumlahnya sesuai dengan keputusan gugusan Kementerian Keuangan akan diputuskan oleh Kementerian PAN– RB, terdapat 2.880 formasi.
Kapan waktu dan tempat tes dilaksanakan?
Jawaban:
Lokasi pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan TA 2017, untuk tiruana jurusan akan diselenggarakan di 6 (enam) kota, sebagai diberikut: Medan; Jakarta; Yogyakarta; Balikpapan; Makassar; dan Jayapura.
Apakah harus menyertakan surat bebas NAPZA ketika seleksi administratif?
Jawaban :
Saat seleksi administratif belum dibutuhkan surat bebas NAPZA. Surat bebas NAPZA menjadi persyaratan pada ketika pemberkasan.
Dalam persyaratan pelamar untuk mengikuti rekrutmen Kementerian Keuangan, untuk persyaratan lulusan S2 diketahui bahwa terbaik berusia 30 tahun, bagaimana kalau pelamar tersebut berusia di atas 30 tahun, tetapi sudah mempunyai pengalaman bekerja yang cukup bagus, dapatkah mengikuti seleksi yang ada?
Jawaban:
Bahwa Panitia Pusat Rekrutmen Kementerian Keuangan mempunyai kiprah dan kewenangan dalam memilih syarat-syarat registrasi sesuai kebutuhan pada Rekrutmen Tahun Anggaran berjalan tersebut. melaluiataubersamaini demikian, Panitia Pusat Rekrutmen Kementerian Keuangan akan mengatur persyaratan usia terbaik bagi pelamar lulusan S1 dan S2. Oleh alasannya itu, alasannya segala proses seleksi penerimaan pegawai gres dilakukan atas landasan aturan yang sudah diputuskan, maka kalau pelamar tidak memenuhi kualifikasi usia yang ada, maka tidak sanggup mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan
Bagaimana untuk menjadi fungsional widyaiswara atau dosen di Kemenkeu, apakah sudah diarahkan dari pertama?
Jawaban:
Pegawai sanggup diangkat menjadi fungsional widyaiswara atau dosen setelah memenuhi beberapa persyaratan administratif dan lolos seleksi. Persyaratan administratif biasanya mencakup beberapa aspek golongan dan pendidikan, sedangkan untuk proses seleksi biasanya akan menggali kemampuan memberikan bahan dan pengetahuan dari calon yang diuji. Apabila ada kebutuhan dari BPPK, pegawai yang memenuhi kualifikasi sanggup mendaftar dan mengikuti proses seleksi.
Perbedaan rekrutmen CPNS Kemenkeu dengan Pendaftaran STAN?
Jawaban:
Pendaftaran STAN yaitu untuk menjadi mahasiswa yang dididik dan didanai oleh negara dan selanjutnya menjalani Ikatan Dinas di lingkungan Kementerian Keuangan atau Kementerian lainnya. Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan yaitu penerimaan pegawai gres dari pelamar umum yang setelah lulus seleksi sanggup diangkat sebagai CPNS Kementerian Keuangan.
Setahun beberapa kali rekrutmen? Bagaimana dengan career path Kemenkeu?
Jawaban:
Rekrutmen sanggup dilaksanakan dalam setahun sekali, dengan diubahsuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan pemerintah. Career path di Kementerian Keuangan, sebagaimana PNS di K/L lainnya terdapat dua alternatif pilihan, yaitu karir struktural dan fungsional.
Dapatkah memakai SKL (Surat Keterangan Lulus) dan kenapa harus spesialuntuk menggunakan ijazah bukan SKL, mengapa?
Jawaban:
Tidak sanggup memakai SKL Ijazah mempunyai kekuatan aturan yang berpengaruh dan diakui dalam manajemen Pegawai Negeri Sipil, sebagai bukti aturan bahwa pelamar sudah menuntaskan pendidikannya dengan sah.
Apakah bentuk tes sama di tiap lokasi tes? Adakah perbedaan aturan registrasi di lokasi tes tersebut?
Jawaban:
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) yaitu salah satu tahapan seleksi yang dilalui oleh setiap pelamar CPNS menurut kebijakan Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian PAN dan RB dengan Bank Soal yang sama bagi seluruh peserta SKD di setiap kota. Begitu pun dengan tes kompetensi bidang yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. Tidak terdapat perbedaan aturan registrasi untuk penyelenggaraan rekrutmen Kementerian Keuangan di setiap lokasi/ kota tersebut.
Bagaimana proses penempatan lulusan rekrutmen Kementerian Keuangan?
Jawaban:
Penempatan lulusan rekrutmen pegawai gres di Kementerian Keuangan dilaksanakan menurut pemenuhan kebutuhan dari unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, dengan memperhatikan riwayat pendidikan dan hasil tes dari pelamar tersebut. Akan tetapi, pada registrasi pertama, pelamar
berhak memilih pilihan nama jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan jenis formasi. Sedangkan untuk penempatan kawasan bergantung dari kebutuhan unit eselon I masing-masing.
Bagaimana bila ketika diterima PNS Kemenkeu, sedang menjalani kuliah S2? Bagaimana perlakuan terhadap ijazah S2 nanti?
Jawaban:
Pelamar yang mendaftar untuk mengisi kebutuhan gugusan S1 memakai ijazah S1, sehingga ijazah yang dipakai untuk pengangkatan CPNS yaitu ijazah pada ketika pendaftaran.
Bagaimana sistem evaluasi untuk setiap tahapan Tes? Apakah memakai sistem passing grade? Jika iya, berapa passing grade untuk masing-masing tahapan?
Jawaban:
Seleksi yang dilakukan di Kementerian Keuangan memakai metode sistem sel, sehingga sistem penilaiannya dilakukan oleh masing-masing Tim Kerja pada setiap seleksi. Passing Grade ditentukan oleh hasil Rapat antara Panitia Pusat dan Tim Kerja yang menangani setiap seleksi. Adapun sistem kelulusan sbb:
- Kelulusan Seleksi Administrasi didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang diunggah (upload) dan dokumen orisinil dibandingkan dengan persyaratan pendaftaran.
- Kelulusan SKD didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi gugusan yang dibutuhkan pada jabatan yang tersedia.
- Kelulusan Psikotes Online memakai sistem gugur dengan bobot evaluasi hasil SKD 40% dan hasil Psikotes 60%, serta secara peringkat tidak melebihi 2 (dua) kali alokasi gugusan yang dibutuhkan pada jabatan yang tersedia.
- Kelulusan Akhir pada jenjang Magister (S2) dan Sarjana (S1) ditentukan menurut hasil integrasi SKD dan Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara, dengan bobot evaluasi hasil SKD 40% dan hasil Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara 60%.
- Kelulusan Akhir pada jenjang Diploma (DIII) ditentukan menurut hasil integrasi SKD dan Tes Kesehatan dan Kebugaran, dengan bobot evaluasi hasil SKD 40% dan hasil Tes Kesehatan dan Kebugaran 60%
Apakah ada biaya registrasi untuk masuk di Kementerian Keuangan?
Jawaban:
Perlu diketahui bahwa Kementerian Keuangan dalam pelaksanaan Rekrutmen, menjunjung tinggi prinsip kesamaan hak bagi setiap WNI, transparan, jujur, adil dan akuntabel serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam setiap tahapan tes. Jadi, tidak dipungut biaya apapun bagi peserta, dan kalau ada oknum yang menjanjikan kelulusan bagi peserta maka hal itu ialah tindakan penipuan dan Kementerian Keuangan tidak bertanggung tanggapan atas segala kerugian yang terjadi.
Apakah Seleksi Kompetensi Dasar berbasis CAT itu?
Jawaban:
Seleksi Kompetensi Dasar berbasis Computer Assisted Test (CAT) yaitu tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan seseorang kalau yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan memakai komputer. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara, yang meliputi: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes Wawasan Kebangsaan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal
penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 4 (empat) nilai - nilai Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila;
- Undang Undang Dasar 1945;
- Bhinneka Tunggal Ika;
- Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah sentra maupun pemerintahdaerah, sejarah usaha bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) yaitu untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis, diberikut yaitu definisinya:
Terakhir yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang dimaksudkan untuk menilai kompetensi pelamar yang terkait:
- Integritas diri;
- Semangat berprestasi;
- Kreativitas dan inovasi;
- Orientasi pada pelayanan;
- Orientasi kepada orang lain;
- Kemampuan beradaptasi;
- Kemampuan mengendalikan diri;
- Kemampuan bekerja berdikari dan tuntas;
- Kemauan dafn kemampuan berguru berkelanjutan;
- Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
- Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Apakah bisa mendaftar lebih dari 1 instansi? Misal Kemenlu dan Kemenkeu?
Jawaban:
Tidak Bisa mendaftar pada satu tahap penerimaan CPNS yang sama, misal Kemenlu dan Kemenkeu. Akan tetapi, kalau sudah mendaftar di penerimaan CPNS tahap 1 maka bisa, pola sudah mendaftar di Kemenkumham pada tahap 1, kemudian pada tahap 2 ini mendaftar di Kemenkeu.
Apakah Diploma IV bisa disamakan dengan Strata 1?
Jawaban:
Tidak Bisa.
Apakah jurusan bisa dialihkan/disetarakan? Misal dari jurusan Administrasi Bisnis disetarakan dengan Jurusan Ekonomi atau Manajemen?
Jawaban:
Tidak Bisa. Untuk pendaftaran, peserta harus menyesuaikan dengan pilihan Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan yang tercantum di Pengumuman pada Tabel II. Dalam 1 nama Jabatan terdapat Kualifikasi Pendidikan yang isinya memuat strata pendidikan serta jurusannya. Misal: Jabatan Analis berkas Sengketa, peserta yang bisa melamar yang mempunyai kualifikasi pendidikan meliputi: S1 Hukum/Ilmu Hukum/Akuntansi/Perpustakaan/Kearsipan/Arsiparis. Diluar itu tidak bisa.
Demikianlah gosip terkena Tata Teknik Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan melaluiataubersamaini Benar lengkap dengan permasalahan dan solusinya. Semoga saja Teknik Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan bisa mempunyai kegunaan bagi anda yang ingin melamar pada rekrutmen CPNS Kemenkeu tahun 2017. Jika engkau masih saja galau dan pelum paham dalam mendaftar CPNS Kemenkeu, silakan tuliskan hambatan pada kolom komentar dibawah.
0 Komentar untuk "Begini Cara Daftar Online Cpns Kementerian Keuangan Yang Benar [Lengkap Dengan Solusi]"