Pahami Dan Pelajarin Bentuk Soal Soal Ujian Tes Cpns Kementerian Keuangan Tahun 2017

LOWONGANKERJA15.COM - INI Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017. Tahun ini kementerian keuangan yang lebih dikenal dengan abreviasi Kemenkeu ialah salah satu instansi pemerintahan yang membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil dengan gugusan sebanyak 2880 orang untuk aneka macam jabatan dan formasi. Pasalnya kementerian keuangan gres baru ini mengumumkan info bahwa pengumuman hasil seleksi manajemen yang sudah diumumkan mempersembahkan angin segar bahwa penerima yang sudah ditetapkan lulus seleksi manajemen diwajibkan untuk melaksanakan pengambilan kartu tanda penerima ujian CPNS Kemenkeu sesuai dengan jadwal dan tempat yang sudah ditentukan. Sesudah Seleksi Administrasi, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mendapat Tanda Peserta Ujian. Pada ketika pengambilan Kartu TPU (Tanda Peserta Ujian) Kemenkeu, pelamar harus membawa berkas orisinil (Ijazah, transkrip, Kartu Identitas, Bukti Pendaftaran), untuk mengetahui keabsahan berkas yang sudah dikirimkan pada ketika seleksi administrasi. Kemudian sehabis melaksanakan pengambilan Kartu TPU (Tanda Peserta Ujian) Kemenkeu, maka setiap penerima berhak mendapat jadwal dan lokasi untuk mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan memakai sistem computer assisted test (CAT). Nah untuk itu pahami bagaimana Bentuk Soal Soal Ujian Tes Kompetensi Dasar CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017 diberikut ini. 

 
 INI Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun  Pahami dan Pelajarin Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017
INI Bentuk Soal Soal Ujian Tes CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2017 [Pahami dan Pelajarin]

Apakah itu Tes Kompetensi Dasar?
Tes Kompetensi Dasar yakni tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diharapkan untuk menunjang keberhasilan seseorang jikalau yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang meliputi:

Tes Kompetensi Dasar Kemenkeu

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
    • Pancasila;
    • Undang Undang Dasar 1945;
    • Bhinneka Tunggal Ika;
    • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah sentra maupun pemerintahdaerah, sejarah usaha bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU), Untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Berikut yakni definisinya:
    • Kemampuan Verbal, yaitu kemampuan memberikan info secara ekspresi maupun tertulis.
    • Kemampuan Numerik, yaitu kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
    • Kemampuan Berpikir Logis, yaitu kemampuan melaksanakan daypikir secara runtut dan sistematis.
    • Kemampuan Berpikir Analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Untuk menilai kompetensi pelamar yang terkait:
    • Integritas diri;
    • Semangat berprestasi;
    • Kreativitas dan inovasi;
    • Orientasi pada pelayanan;
    • Orientasi kepada orang lain;
    • Kemampuan beradaptasi;
    • Kemampuan mengendalikan diri;
    • Kemampuan bekerja berdikari dan tuntas;
    • Kemauan dan kemampuan berguru berkelanjutan;
    • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Note : Sesudah Tes Kompetensi Dasar, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Psikotes

Sebagai Rekomendasi alasannya ujian kemenkeu sudah mulai dekat, Silakan anda pelajarin mulai dari kini tes soal soal TKD/TKB berbasis CAT : DISINI

Tes Psikotes Kemenkeu
Bagaimanakah psikotes pada seleksi tahap ini? Psikotes diselenggarakan untuk menyidik psikologis pelamar yang akan menjadi CPNS Kementerian Keuangan, dimana aspek yang diukur yakni :

  • Intelegensi;
  • Emosi; dan
  • Sikap Kerja.

Note : Sesudah Psikotes, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mengikuti Tes Kesehatan dan Kebugaran.


Tes Kesehatan dan Kebugaran  Kemenkeu
Mengapa perlu tes ini? Kemampuan dan kesiapan jasmani ialah salah satu unsur yang perlu dimiliki oleh CPNS yang diharapkan sanggup mengisi kebutuhan sumber daya insan di lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk memperoleh CPNS dengan kualifikasi fisik yang memadai, terhadap CPNS perlu dilakukan pengujian kemampuan fisik melalui Tes Kesehatan dan Kebugaran.
Apakah yang tujuan Tes Kebugaran dan Kesehatan?

Tes Kesehatan dilakukan dengan tujuan untuk mendapat citra umum wacana kondisi kesehatan, kemampuan fungsi alat indra badan dan daya gerak normal dari anggota badan yang terdiri atas tangan dan kaki, dengan tujuan untuk sanggup diputuskan CPNS yang memenuhi standar kesehatan fisik yang ditentukan.

Tes Kebugaran dilakukan dengan maksud untuk mendapat citra umum wacana kekuatan dan tenaga, daya tahan, kesiapan dan kelincahan jasmani CPNS dalam melaksanakan acara fisik dengan tujuan untuk sanggup diputuskan CPNS yang memenuhi standar kemampuan kesigapan jasmani yang ditentukan.

Bagaimana bentuk tes yang dilakukan?
Tes Kesehatan dilakukan dengan investigasi kesehatan (medical-checkup) oleh tim dokter yang bertugas di lokasi Tes Kesehatan;
Tes Kebugaran dilakukan dengan uji fisik, yaitu lari jarak menengah dan sprint.

Note : Sesudah Tes Kesehatan dan Kebugaran, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar tersebut berhak untuk mengikuti Wawancara 

Wawancara  Kemenkeu (Khusus Pelamar yang berpendidikan Sarjana S1 dan S2)

Apa yang membedakan tes ini dengan tes lainnya?
Metode yang dipakai pada tahap seleksi ini yakni Wawancara Berbasis Kompetensi, yang ialah metode wawancara yang terstruktur dan bersifat menggali untuk mencari, mengumpulkan dan menguji bukti kompetensi kandidat.

Note : Sesudah mengikuti Wawancara, pelamar yang lolos akan diumumkan melalui pengumuman di website, selanjutnya pelamar berhak mengikuti pemberkasan :)

Demikian uraian terkena proses rekrutmen bagi anda yang ingin bergabung dengan Kementerian Keuangan. Semoga bermanfaa.Akhir kata, tidakboleh lupa persiapkan diri anda dan nantikan tips dan trik kami untuk setiap tahapan tes. 

Sebagai Rekomendasi alasannya ujian kemenkeu sudah mulai dekat, Silakan anda pelajarin mulai dari kini tes soal soal TKD/TKB, Psikotes dan wawancara berbasis CAT : DISINI

Karena berguru dan latihan ialah usaha yang harus dikerjakan untuk meraih kesuksesan. Makara tanamkan untuk bisa lulus setiap tahapan seleksi memang dari hasil kerja keras anda. 
Tag : CPNS, CPNS 2017
0 Komentar untuk "Pahami Dan Pelajarin Bentuk Soal Soal Ujian Tes Cpns Kementerian Keuangan Tahun 2017"

Back To Top